BBPPM Yogyakarta menyelenggarakan Pelatihan Pembangunan Desa Wisata Angkatan II pada tanggal 11-15 Oktober 2022 di Desa Tamanagung Kecamatan Muntilan Kabupaten Magelang. Peserta Pelatihan sebanyak 30 orang berasal dari 5 Desa di 3 Kecamatan yaitu Desa Tamanagung, Desa Sukomakmur, Desa Polengan, Desa Ngargosoka, dan Desa Gunungpring.


PSM BBPPM Yogyakarta (@devisulistyowati dan @santiwirastri_) sebagai pelatih memberikan materi tentang tahapan pembangunan desa wisata, mulai dari dasarnya berbasis CBT dan lokal, cara pembentukan Lembaga dan perencanaannya, identifikasi potensi sampai akhirnya membuat paket wisata.


Desa Tamanagung ada potensi sentral tahu, dimana limbahnya belum dimanfaatkan. Di Pelatihan ini diajarin bagaimana memanfaatkan tahu dan limbahnya untuk menunjang pembangunan desa wisata.


Akhirnya pada hari Sabtu, 15 Oktober 2022 Pelatihan ditutup oleh Sekretaris Dinas PMD Kabupaten Magelang, dan terpilih 3 peserta terbaik yaitu dari Desa Gunungpring, Desa Tamanagung dan Desa Sukomakmur.


#BBPPMYogyakarta #BPSDM #KementerianDesaPDTT #3inOne #Pelatihan #Pendampingan #StimulanUsaha #PembangunanDesaWisata #DesaWisata #DesaMaju