Field study adalah aktivitas ataupun proses pembelajaran dengan cara/metode melihat langsung kondisi lingkungan sekitar yang akan diamati. Field Study adalah salah satu cara yang efektif dalam pembelajaran karena mengajak siswa melihat langsung ke lokasi (kunjungan studi) sesuai tema mata pelajaran yang pada saat itu dipelajarinya untuk bisa menambah wawasan dan pengetahuan siswa terhadap objek tersebut. Dengan demikian, aktivitas itu diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa untuk bisa menguasai materi pelajaran yang dipelajarinya.


Kegiatan Field Study ini juga dilaksanakan oleh SMP IT Baitussalam sebagai bagian dari proses pembelajaran modern. Sebanyak 140 orang siswa pada hari Kamis, 22 Februari 2024 melaksanakan kegiatan field study di Demplot BBPPM Yogyakarta. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Bagian Tata Usaha BBPPM Yogyakarta dan Kepala Sekolah SMP IT Baitussalam. 


Seluruh Penggerak Swadaya Masyarakat (PSM) BBPPM Yogyakarta memandu kegiatan field study ini dengan memberikan materi pertanian terutama pengenalan Hidroponik dan Aquaponik yang ada di Demplot. Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat bermanfaat bagi siswa dalam bentuk informasi baru atau terkini, dapat melihat dunia kerja secara langsung, peningkatan pengalaman dan dapat membandingkan teori yang diperoleh di kelas dengan praktek yang ada di lapangan.


#Demplot

#Fieldstudy

#Pemberdayaan

#Penyuluhan