Telah dilaksanakan Penyerahan Mahasiswa sejumlah 11 orang untuk melaksanakan Praktik Konsentrasi Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) di BBPPM Yogyakarta. Senin, (26/02/2024). Praktik Konsentrasi adalah suatu kegiatan pembelajaran dengan melaksanakan Praktik kerja langsung bagi mahasiswa di dunia kerja sesuai dengan bidang peminatan yang telah dipilih sebagai salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh seluruh mahasiswa. Pelaksanaan praktik akan dimulai pada tanggal 26 Februari – 21 Juni 2024.


Kegiatan ini merupakan bagian dari implementasi Kerja Bersama BBPPM Yogyakarta dengan UNY melalui Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang bertujuan untuk mendorong mahasiswa memperoleh pengalaman belajar dengan berbagai kompetensi tambahan di luar program studi dan/atau di luar kampus-nya.


Terdapat empat hal penting yang perlu diperhatikan dalam mengembangkan dan menjalankan kurikulum dengan implementasi MBKM. Pertama, fokus pada pencapaian pembelajaran lulusan. Kedua, perguruan tinggi perlu memastikan terpenuhinya hak belajar maksimum 3 semester, melalui pengalaman belajar dengan kompetensi tambahan yang sesuai dengan program studinya.Ketiga, mahasiswa mendapatkan pengalaman belajar di dunia nyata yang sesuai dengan ruang lingkup pekerjaannya. Keempat, kurikulum bersifat fleksibel dan mampu beradaptasi dengan perkembangan IPTEKS dan tuntutan bidang pekerjaan.