Jumat (26/1) – Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh civitas academica. Program KKN dirancang untuk mampu menumbuhkan kreatifitas dan kepedulian mahasiswa terhadap penyelesaian isu yang ada di masyarakat. Seperti halnya yang dilakukan oleh Mahasiswa KKN Universitas Tidar Periode Januari 2024 yang berada di Desa Trasan, Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang.


Tim KKN Desa Trasan 2024 melaksanakan kegiatan penanaman bibit pohon bersama dengan Kepala Desa, Drs. Bagawat Gita. Kegiatan ini menggunakan bibit yang diperoleh dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Magelang. Bibit yang ditanam berupa bibit pohon konservatif yang terdiri dari bibit jambu biji, sirsak, sengon, dan tabebuya. Tim KKN Desa Trasan 2024 menanam bibit tersebut di 2 tempat yaitu di tanah bengkok milik Desa Trasan dan tanah milik Kelompok Wanita Tani (KWT).


Kegiatan penanaman ini dilakukan selama 2 hari. Penanaman bibit sirsak, sengon, dan tabebuya dilakukan di tanah bengkok pada hari Jumat (26/1), selanjutnya penanaman bibit jambu biji bersama anggota KWT dilakukan pada hari Rabu (31/1). Tim KKN Desa Trasan 2024 juga membantu dalam pengisian tanah untuk penanaman benih sayuran seperti tomat, cabai, dan terong ke dalam polybag.


Penanaman bibit tersebut bertujuan untuk menjaga kelestarian lingkungan alam. Melalui kegiatan ini, Tim KKN Desa Trasan 2024 berharap lingkungan dapat pulih kembali menjadi asri, sehat, dan bebas dari pencemaran polusi udara yang merugikan. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya melestarikan alam dan menjaga keseimbangan ekosistem. Melalui penanaman benih sayuran juga menjadi salah satu upaya untuk mewujudkan ketahanan pangan dan memberikan peluang usaha bagi masyarakat.


Penulisan berita acara ini Tim KKN Trasan dari Universitas Tidar bekerjasama dengan BBPPM Yogyakarta atau Balai Besar Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Yogyakarta yang menjadi fasilitator dalam pembuatan dan mempublish berita acara ini. Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung visi misi BBPPM dalam memberdayakan masyarakat desa dengan penanaman bibit dan pohon konservatif untuk menjaga, melestarikan, dan memanfaatkan sumber daya alam yang ada di sekitar lingkungan desa secara berkelanjutan.