Menjaring aspirasi warga masyarakat di Desa Jamuskauman, Kecamatan Ngluwar, Magelang, Jawa Tengah Kepala BBPPM Yogyakarta Ir. Widarjanto, M.M bersama dengan PSM Madya Amia Sudewi beserta Tim di dampingi dari Dinas PMD Kab. Magelang melaksanakan program “Tilik Desa”, dan di terima oleh beberapa Kepala Desa, Masyarakat, Tenaga Ahli, Pendamping Lokal Desa, Pengurus BUMDES Bersama dan Pendamping Desa.


“Untuk mendekatkan diri dengan warga masyarakat, saya, dan beserta PSM secara periodik, akan menyapa dan berdialog secara langsung dengan warga, melalui program Tilik Desa, menyerap mendengar dan melihat secara langsung aspirasi mereka, dan menjadi bahan kajian untuk menentukan arah kebijakan dan program pemberdayaan masyarakat ” Widarjanto, Selasa,7 Pebruari 2023, siang.


Dalam Program Tilik Desa ini, menjaring komunikasi dialog dua arah, agar program dan kebijakan tepat sasaran dan mengetahui keluhan, saran dan kebutuhan riil masyarakat. Harapan kegiatan ini, warga masyarakat juga diminta secara aktif, menyampaikan permasalahan apapun, terkait yang ada di desanya.


Meskipun demikian, tidak mungkin kami bisa memenuhi harapan seluruh masyarakat. Namun, paling tidak, bisa memberikan solusi atas permasalahan warga langsung dari sumbernya sesuai kemampuan dan skala prioritas. Harapannya, akan terjadi pemberdayaan masyarakat secara luas.